Social Icons

Pages


Monday, July 8, 2013

Nama Diagram yang Diambil dari Nama Penemunya

[imagetag]

Dalam dunia akademik, baik eksakta atau sosial, kita sering kali menggunanakan diagram untuk membantu menggambarkan suatu kasus atau untuk memudahkan suatu pemecahan masalah. tapi tahukah anda, beberapa diagram yang kita gunakan menggunakan nama penemunya? berikut ini adalah nama diagram dan nama penemunya yang sering kita pakai untuk penulisan makalah, skripsi, tesis atau penulisan ilmiah lainnya.

  1. Venn Diagram
    Diagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek. Sebagai bagian ilmu matematika, diagram Venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh John Venn untuk menunjukkan hubungan sederhana dalam topik-topik di bidang logika, probabilitas, statistik, linguistik dan ilmu komputer.
    Spoiler for Diagram Venn:

    Spoiler for John Venn:

  2. Ishikawa Diagram
    Diagram Ishikawa (disebut juga diagram tulang ikan (fish bone diagram), atau cause-and-effect matrix) adalah diagram yang menunjukkan penyebab-penyebab dari sebuah even yang spesifik. Diagram ini pertama kali diperkenalkan oleh Kaoru Ishikawa (1968). Pemakaian diagram Ishikawa yang paling umum adalah untuk mencegah defect serta mengembangkan kualitas produk. Diagram Ishikawa dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan memberi efek terhadap sebuah even.
    Spoiler for Ishikawa Diagram:

    Spoiler for Kaoru Ishikawa:

  3. Pareto Diagram
    Diagram Pareto adalah serangkaian seri diagram batang yang menggambarkan frekuensi atau pengaruh dari proses/keadaan/masalah. Diagram diatur mulai dari yang paling tinggi sampai paling rendah dari kiri ke kanan. Diagram batang bagian kiri relatif lebih penting daripada sebelah kanannya. Nama diagram Pareto diambil dari prinsip penemunya yaitu Vilfredo Federico Damaso Pareto, yang mengatakan bahwa 80% gangguan berasal dari 20% masalah yang ada.
    Spoiler for Pareto Diagram:

    Spoiler for Vilfredo Pareto:



Lihat orang-orang di atas gan, karena sumbangsihnya kepada dunia pendidikan, nama mereka sekarang menjadi abadi, menyatu dalam temuan mereka. maka benar pepatah orang tua kita dulu, orang mati meninggalkan kebaikan....


cukup sekian dari saya, maaf kalo ada kekurangan.

Postingan menarik lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive